Minggu, 18 Maret 2012

communication :)

untuk mencoba memahami sifat, sikap dan perilaku seseorang itu memang sulit. dimulai dari belajar sabar, paham, diam, memerhatikan dan yang lainnya.juga sikap yang menyenangkannya, jailnya, keselnya, marahnya, anehnya, semuanya.
rasa kesal pasti ada, dari A ke B dari B ke A. begitu seterusnya. setiap orang berhak marah, kesal, jengkel dan setiap orang wajib memberikan pendapat atau menyampaikan uneg-unegnya, dengan alasan / maksud untuk membangun hubungan antara hati ke hati. artinya kritikan/usul yang membangun menuju ke yang lebih baik lagi.
jangan pernah takut untuk mendengar keluhannya, kemarahannya, atau kejengkelannya. karena semua itu bukan berarti dia ingin menjelaskan kamu orang yang gagal, salah dan semacamnya. setiap orang pasti punya alasan yang berbeda-beda dalam menyampaikan perasaannya atau menunjukkannya. yang harus di tekankan adalah mungkin dia sedang ingin diperhatikan, menjelaskan sesuatu tentang hati/perasaannya, atau memberikan saran yang membangun secara tidak langsung.
mungkin untuk sebagian orang seperti saya, berfikir positif itu memang sulit alias ngga gampang. setiap orang pasti sulit ketika awal-awal. tetap berusaha, percaya, bersikap dewasa, senyum dan sabar untuk tetap belajar posthink'. 
dan untuk si penyampai uneg-uneg. mungkin terlihat terlalu kaku untuk menjelaskan apa yang dimaksud. terlalu takut, sedikit malu dan tersendak ketika bicara. gugup. mungkin. 
takut? takut apa? yah. takut. hmmm... terlalu takut akan kesalah pahaman, ya karena kesalah pahaman bisa jadi bom yang berbahaya. saya setuju.
butuh banyak pertimbangan ketika berbicara. pertama, jaga kata-kata agar tidak ada satu orang pun yang terluka, kedua, bagaimana cara mengatasi rasa gugup, ketiga, menjaga agar tidak ada kesalah pahaman, keempat, mental. 
mental? ya. siap mental, siap tidak siap harus siap. mau tidak mau harus mau. apapun yang terjadi, selagi kita benar, jangan takut untuk berusaha. semua butuh niat, karena dengan niat semua bisa terjadi.
prinsip yang selalu saya pegang untuk menjaga mental saya yang tempe adalah "jangan pernah meminta seseorang mengatakan sebuah kata/kalimat yang sebenarnya tidak ingin kita dengar"
Miss Communication juga salah satu hal yang berbahaya. jika kita lost contact dengan seseorang misalnya, bukankah itu berbahaya? banyak kemungkinan yang akan terjadi, seperti timbulnya kesalah pahaman, perbedaan persepsi dan semacamnya. apa yang akan terjadi ketika seseorang hanya diam, tidak menjelaskan apa yang terjadi, tidak menyampaikan ketidak enakkan hatinya? tidak ada seorang pun yang bisa dirubah, karena "ketidak tahuan" . inilah pentingnya kejujuran, penyampaian, dan pengertian. 
mungkin tidak semua hal harus diketahui, seperti alasan dan semacamnya, tapi banyak hal yang harus dimengerti, seperti sifat seseorang, perasaan seseorang dan sikap seseorang.
kesabaran, pengertian, kejujuran, perhatian, rasa sayang dan peduli adalah  hal-hal yang harus kita utamakan dalam hidup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar